Windows Hello, Fitur Memukau Pada Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL

Windows Hello, Fitur Memukau Pada Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL
Windows Hello (Foto: Microsoft)

Windows Hello, sebuah fitur baru yang hadir di handset terbaru Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL. Fitur unik dengan kombinasi hardware yang sesuai tentunya akan menjadi sebuah langkah baru yang mungkin bisa membantu Microsoft dalam merangkak naik ke puncak popularitas di pasar smartphone. Begitu juga dengan Windows Hello ini.

Lalu, apa itu Windows Hello? Windows Hello merupakan fitur baru pada OS Windows 10. Fitur ini memanfaatkan sensor infrared yang tertanam pada handset Lumi 950 dan Lumia 950 XL. Fitur unik yang berfungsi sebagai media sensor untuk mengenali pengguna.

Pada kebanyakan handset Android dan iPhone, kita sering sekali mendengar fitur pemindai sidik jari yang berfungsi sebagai fitur keamanan di handset mereka. Namun bukannya pemindai sidik jari, sensor infrared inilah yang akan menjadi fungsi keamanan di ponsel Lumia ini. Cukup hanya dengan memegang handset Lumia 950 atau Lumia 950 XL Anda, dan sensor infrared ini akan langsung mengenali pengguna. Lebih mudah, lebih cepat dan lebih efisien.

Teknologi ini bisa dikatakan cukup sama dengan teknologi lain yang tengah dikembangkan oleh Intel, yang dapat membuka password dengan wajah. Selain Intel dan Microsoft, teknologi serupa juga kabarnya tengah disiapkan oleh Xiaomi pada handset Xiaomi MI 5 yang bakal ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 820. Sensor infrared yang diklaim akan mampu memindai jari pengguna dengan 3D scanner, dan akan dapat diletakkan di bagian manapun dari ponsel. Karena sensor ini memiliki kemampuan untuk menembus berbagai material, mulai dari material kaca (layar), plastik dan logam sekalipun.

Selain Windows Hello, kedua ponsel Lumia 950 dan 950 XL ini juga disertai dengan fitur Continuum dan Microsoft Display Dock. Keduanya sama-sama berhubungan dan saling membutuhkan. Fitur Microsoft Display Dock memungkinkan ponsel Lumia dihubungkan dengan layar eksternal yang lebih besar. Sementara Continuum akan menyesuaikan tampilan Windows 10 agar lebih sesuai di layar tersebut. Katakan saja Lumia 950 disambungkan dengan layar 18 inci. Maka tampilan Windows 10 di layar 18 inci tersebut akan tampak seperti Windows 10 untuk PC.

Leave a Reply