Bug Menjamur Paska Update iOS 9.0.2, Pengguna Makin Kecewa

Bug Menjamur Paska Update iOS 9.0.2, Pengguna Makin Kecewa
Apple iPhone 6 dan iPhone 6 Plus (Foto: LAtimes)

Fans berat Apple harus kembali kecewa pada OS mobile mereka yakni iOS yang kembali membuat masalah. Masalah kali ini dikabarkan cukup serius dan mengganggu kinerja dua ponsel terbaru Apple, yakni Apple iPhone 6 dan iPhone 6s.

Hal ini sendiri diketahui setelah sejumlah pengguna kedua ponsel ini melaporkan masalah yang terjadi pada handset Apple iPhone 6 dan iPhone 6s mereka. Menurut pengakuan pengguna, masalah ini muncul setelah mereka melakukan update ke versi terbaru iOS 9.0.2. Dan setelah itu, ponsel tiba–tiba bertingkah aneh. Tidak perduli pengguna sedang apa, dengan seenaknya mereka bertingkah. Mulai dari sekadar rewel, tidak merespon perintah pengguna, bahkan hingga layar menjadi blank.

Ketika dimintai keterangan, pihak Apple mengaku telah mengetahui hal ini, dan sekarang sedang mencari solusinya. Namun tampaknya jalan keluar dari masalah ini cukup sulit untuk ditemukan, sehingga mau tidak mau, Apple akan membutuhkan waktu untuk dapat memberikan solusi terbaik pada konsumennya.

Ini jelas sangat menjengkelkan bagi pengguna. Sehingga, sementara pihak Apple mencari solusi sendiri, para pengguna dan pencinta produk Apple juga mencoba membantu dengan memecahkan masalah ini dan mencari penyebabnya. Sejauh ini, beberapa teori yang muncul mengarahkan dugaan kepada proses backup iCloud yang gagal ketika update dilakukan. Hal ini sedikit lucu memang, mengingat bahwa update iOS 9.0.2 sendiri diluncurkan untuk mengatasi masalah bug pada iCloud, untuk mencegah para developer mencari keuntungan curang dari fitur App Thinning.

Dan sementara Apple masih belum bisa memberikan perbaikan melalui update, pihak perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut memberikan sejumlah solusi sementara pada pengguna. Yakni dengan cara mereset pengaturan pada ponsel Apple iPhone 6 dan iPhone 6s mereka. Untuk melakukan hal ini, pengguna hanya tinggal memilih menu “Settings -> General -> Reset -> Reset All Settings”. Dengan demikian, pengaturan ponsel secara otomatis akan dikembalikan seperti sedia kala.

Dan jika langkah ini masih belum juga berhasil, maka pengguna tampaknya harus melakukan Factory Reset. Yakni mengembalikan Apple iPhone 6 dan iPhone 6s kembali seperti sedia kala, seperti ketika baru dibeli. Caranya adalah dengan memilih menu “Set up as new iPhone“. Dan karena langkah ini bisa membuat semua data dan aplikasi di ponsel kembali seperti semula, alias dihapus, maka pengguna yang jarang melakukan Back-Up sebagainya mengamankan file dan aplikasi berharga mereka lebih dulu. Atau jika tidak bisa melakukan back-up, pengguna bisa mencatat aplikasi apa saja yang sering ia gunakan dan ia butuhkan. Lalu menginstall kembali aplikasi tersebut setelah reset selesai.

Leave a Reply