John Chen: BlackBerry Priv Jadi Penentu Nasib Perusahaan

John Chen: BlackBerry Priv Jadi Penentu Nasib Perusahaan
BlackBerry Priv (Foto: Android Authority)

BlackBerry diketahui telah kehilangan pangsa pasar yang cukup besar setelah kehadiran platform Android di pasaran. Dan sejak saat itu, produksi smartphone dari perusahaan kanada ini terus menurun dan semakin menurun. Hingga posisi CEO BlackBerry akhirnya diambil alih oleh John Chen.

Sejak pergantian pimpinan ini, BlackBerry bagai mendapat angin segar. John Chen kemudian merilis sejumlah ponsel baru yang mendapatkan respon cukup baik dari pasaran. Sebut saja BlackBerry Z3 alias Jakarta, BlackBerry Classic dan BlackBerry Passport. Bahkan belakangan ini, BllackcBerry juga mulai beralih menggunakan platform Android dengan merilis handset BlackBerry Priv. Ponsel slide sekaligus smartphone pertama dari BlaackBerry yang menjalankan OS Android.

BlackBerry tampaknya cukup optimis. Sang CEO bahkan mengungkapkan bahwa mulai dari saat ini, BlackBerry akan memproduksi 2 Juta ponsel per tahunnya. Hal ini agaknya dilakukan demi menyelamatkan profit perusahaan yang terus menurun. Apa lagi di tahun sebelumnya, BlackBerry hanya mampu memproduksi sekita 800.000 unit saja.

Namun bukan cuma tujuan optimis, CEO John Chen juga mengungkapkan apa yang akan mereka lakukan jika hal tersebut tidak berhasil. Menurutnya, jika penjualan awal ternyata berada di bawah harapan mereka, BlackBerry akan berhenti dari bisnis smartphone dan lebih fokus di sektor software dan jasa keamanan yang selama ini telah menjadi bisnis sampingan mereka.

Tampaknya, BlackBerry Priv inilah yang dimaksud Chen sebagai langkah awal BlackBerry. Yang mana artinya, jika penjualan BlackBerry Priv berada di bawah target, maka ponsel slide unik tersebut bakal jadi ponsel terakhir dari BlackBerry.

Namun jika ternyata ponsel ini mendapatkan respon positif dari pasar, tidak mustahil jika BlackBerry akan kembali bangkit di pasar smartphone dan kembali mengulangi kesuksesan mereka di masa lalu. Bagai sebuah perjudian yang mempertaruhkan segalanga, ponsel baru BlackBerry Priv harus menanggung beban masa depan perusahaan di pundaknya. Semua tergantung pada dirinya, jalan mana yang akan diambil BlackBerry kedepannya, semua ditentukan oleh ponsel slide yang menarik ini.

Leave a Reply