Sony Pangkas Harga PlayStation 4 Demi Saingi Xbox One

Sony Pangkas Harga PlayStation 4 Demi Saingi Xbox One
PlayStation 4 (Foto: Sony)

Persaingan antara Sony dan Microsoft di pasar game konsol memang seakan tiada akhirnya. Setelah bersaing dengan konsol game terbaru mereka di sisi fitur dan spesifikasi, kini giliran perang harga yang menentukan kedudukan keduanya di pasaran.

Saat pertama kali dijual, konsol game Xbox One dibanderol seharga USD490 dengan perlengkapan tambahan berupa Kinect. Sementara itu, konsol game Sony PlayStation 4 dijual seharga USD399. Merasa kalah dari Sony dalam hal penjualan konsol game, Microsoft akhirnya memotong harga jual dengan cara melepas Kinect dari paket penjualan. Harga Xbox One sendiri turun jadi USD349 saja, jauh lebih murah dari PlayStation 4.

Hal ini tampaknya menjadi momok yang menakutkan bagi Sony sendiri selaku produsen dari konsol yang dikenal sebagai PS tersebut. Akhirnya, beberapa waktu lalu, Sony meluncurkan diskon yang cukup besar untuk konsol PlayStation 4, sehingga harga konsol game tersebut setara dengan harga Xbox One.

Merasa penjualan PlayStation mulai meningkat pesat, Sony akhirnya tidak mau kehilangan momen. Mereka lalu mengumumkan sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan di blog resmi PlayStation, dengan menjadikan diskon tersebut permanen. Kini, harga resmi PlayStation 4 turun jadi USD349 saja.

Sejauh ini, Sony mengaku telah menjual hingga 25 juta unit konsol PS4 sejak ia diluncurkan pada bulan November 2013 silam, hingga bulan Juli kemarin. Dan di tahun fiskal ini, Sony mengaku telah menghabiskan sekitar 16,5 juta unit PlayStation 4 di pasaran.

Hingga saat ini, masih belum diketahui, apakan langkah Sony tersebut sudah benar atau belum. Karena pihak Microsoft sendiri masih belum memberikan konfirmasi mengenai laporan penjualan konsol Xbox One milik mereka.

Leave a Reply