WhatsApp untuk iOS Kini Dilengkapi dengan Dukungan untuk Fitur 3D Touch

WhatsApp untuk iOS Kini Dilengkapi dengan Dukungan untuk Fitur 3D Touch
Whats App untuk iOS (Foto: iMore)

Kehadiran handset Apple iPhone 6s dan iPhone 6s Plus telah berpengaruh pada sejumlah aplikasi di platform iOS. Salah satunya adalah WhatsApp, satu dari sejumlah aplikasi pesan instan paling populer di dunia.

Pengaruh yang dibahas disini berkaitan dengan kehadiran fitur baru pada iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang sangat fenomenal sebelumnya, yakni teknologi 3D Touch. Nama lain dari teknologi Force Touch pada handset Apple Watch. Teknologi ini memungkinkan perangkat untuk membedakan sentuhan ringan dan tekanan keras pada layar iPhone 6s. Sehingga sistem dapat memberikan respon berbeda untuk kedua jenis tap tersebut.

Untuk memuaskan pengguna dan membuat fitur ini ‘benar-benar berguna’, WhatsApp baru saja merilis update baru yang memungkinkan fungsi tersebut dapat digunakan pada aplikasi pesan instan tersebut.

Dengan melakukan peek (sentuhan ringan), pengguna akan bisa melihat preview dari link, video, gambar, kontak dan lokasi. Sementara fungsi Pop (tekanan keras) akan berguna untuk membuka link, kontak gambar dan konten lainnya.

Update baru ini juga membawa kemampuan baru, dimana interface aplikasi dapat berbalik ketika menggunakan bahasa yang penulisannya diawali dari kiri. Seperti bahasa arab misalnya. Namun sayang, fitur ini hanya berlaku pada iOS 9 saja. Tidak dengan iOS yang lebih tua.

Dan untuk sekedar informasi saja. Pada update sebelumnya, iOS menyertakan kemampuan untuk memasang bintang pada pesan. Yakni dengan menekan pesan sedikit lebih lama untuk memberinya bintang.

Leave a Reply