Toshiba Jual Bisnis Image Sensor Miliknya Kepada Sony?

Toshiba Jual Bisnis Image Sensor Miliknya Kepada Sony?
Image Sensior Toshiba Dibeli Sony (Foto: ibtimes)

Salah satu pasar teknologi yang cukup memiliki peran adalah pasar sensor kamera atau image sensor. Diakui atau tidak, Sony dan Samsung bisa dikatakan sebagai dua perusahaan yang memegang peran paling besar di bisnis satu ini.

Namun demikian, kita juga tidak dapat mengesampingkan vendor lain yang sama-sama bertarung di sektor yang sama, yakni Toshiba. Meski hingga saat ini, Toshiba bisa dikatakan tidak memiliki peran besar di pasar image sensor. Bahkan selain dari HTC One M9, cukup sulit untuk menghitung satu per satu ponsel yang menggunakan sensor kamera dari Toshiba. Kebanyakan masih berfokus pada sensor buatan Sony atau Samsung.

Hal ini jelas merupakan asalah besar. Karena selama dua tahun terakhir ini, bisa dikatakan bahwa Toshiba memang mengalami kesulitan dalam bisnis sensor kameranya. Berbagai masalah mulai dari pangsa pasar yang tidak kunjung naik, laba perusahaan yang terus turun dan tekanan dari para investor akhirnya membuat Toshiba luluh dan mulai menyerah. Kini mereka dikabarkan berencana untuk menjual bisnis utama sensor image mereka kepada Sony.

Menurut salah satu sumber, bisnis inti sensor image Toshiba ditawarkan senilai USD163.000.000 kepada Sony. Bisnis ini sendiri sudah meliputi produksi chip semikonduktor dan memori flash NAND milik Toshiba, disamping dengan bisnis CMOS mereka.

Toshiba dikatakan bakal tetap mempertahankan dan berfokus pada bisnis memori flash NAND. Namun untuk sensor gambar tampaknya memang bakal dijual kepada Sony. Ya, ini memang tidak terlalu mengherankan. Pasalnya pangsa pasar dari bisnis image sensor milik Toshiba tersebut hanya mencapai 2% saja. Jauh berbeda dengan pangsa Sony yang mencapai 40%. Sementara itu, Samsung sendiri diketahui masih memimpin dengan pangsa yang lebih besar dari Sony. Dimana mereka berhasil memasarkan sensor CMOS buatannya dengan lebih baik dan lebih menarik.

SHARE

Leave a Reply