Sulit Diperbaiki, Microsoft Surface Pro 4 Tawarkan SSD yang Mudah Diganti

Sulit Diperbaiki, Microsoft Surface Pro 4 Tawarkan SSD yang Mudah Diganti
Microsoft Surface Pro 4 (Foto: Microsoft)

Beberapa waktu lalu Microsoft telah resmi merilis handset terbaru mereka, tablet Microsoft Surface Pro 4 yang merupakan tablet hibrid yang dapat berubah fungsi jadi laptop.

Dan tidak lama setelah ia dirilis, tim iFixit malah sudah mencoba membongkar dan mengoprek perangkat berharga puluhan juta rupiah tersebut, untuk mengetahui dan menilai tingkat kesulitan dalam memperbaikinya.

Cukup mengejutkan, tablet dengan spesifikasi mempuni tersebut rupanya dinilai cukup sulit untuk diperbaiki. Setidaknya itulah yang dikatakan oleh iFixit. Namun meski demikian, penelusuran ini juga mengungkap bahwa Microoft Surface Pro 4 ini menggunakan memori penyimpanan berupa perangkat SSD yang mudah untuk dilepas dan diganti. Ini adalah kabar baik bagi para penggemar gadget yang selalu ingin update dalam masalah fitur dan kemampuan gadget mereka. Sehingga mereka akan dapat meng-uprade ruang simpan di tablet mereka dengan mudah.

Microsoft Surface Pro 4 ini memang terkesan berbeda dengan tablet pada umumnya. Ia menggunakan perangkat SSD sebagai ruang simpan sehingga mudah dibongkar pasang. Dan dari hasil pembongkaran ini juga terungkap bahwa baterai yang diusung Surface Pro 4 ternyata memiliki kapasitas yang lebih kecil dari Surface Pro 3, pendahulunya.

Namun demikian, tablet ini juga memiliki kemampuan lebih, dimana ia mempunyai daya tahan yang lebih lama dibanding pendahulunya. Mungkin desain baru dan ukuran prosesor yang digunakan memang berpengaruh.

Tablet Microsoft Surface Pro 4 ini mengandalkan prosesor Intel Core M3 dengan dukungan 4GB RAM dan kapasitas SSD yang dipakai mencapai 128GB. Dan tahukah Anda, rupanya prosesor Intel Core M3 tersebut sama sekali tidak dilengkapi kipas. Ini jelas memberikan kesan yang lebih elegan dan kenyamanan lebih kepada pengguna. Sementara itu, sebagai gantinya mereka menggunakan sistem pendingin yang cukup canggih yang juga dipakai pada handset Microsoft Lumia 950 XL.

Meski cukup menarik dan ada beberapa hal mudah dalam perbaikannya, iFixit memberikan nilai 2 dari 10 untuk kemudahan dalam perbaikannya. Adapun faktor utama yang membuatnya sangat sukar diperbaiki tidak lain adalah karena banyaknya lem yang melekat pada setiap komponennya. Termasuk baterai dan layar. Layar yang digunakan juga terdiri dari lempengan kaca dan LCD yang sangat sukar untuk dilepas.

Leave a Reply