Samsung Galaxy J2 vs Samsung Galaxy Grand Prime, Harga dan Perbandingan

Samsung Galaxy J2 vs Samsung Galaxy Grand Prime

Samsung merupakan salah satu vendor smartphone raksasa yang terus-menerus menelurkan produknya terutama untuk segmen pasar mid-range. Samsung telah resmi meluncurkan berbagai seri ponsel budget seperti lini seri J, setelah pertama kali Galaxy J1 melenggang, kemudian disusul Samsung Galaxy J2 dilepas ke pasaran.

Samsung Galaxy J2 bisa jadi idola baru untuk smartphone kelas mid-range, seperti kesuksesan suksesor yang telah menarik minat banyak pecinta smartphone. Galaxy J2 ini sekaligus akan berhadapan dengan smartphone-smartphone sekelas yang sudah terlebih dahulu melenggang seperti Xiaomi Redmi 2 dan Lenovo A7000.

Namun kali ini, kami akan mencoba melakukan perbandingan Samsung Galaxy J2 dengan handset milik Samsung juga, Samsung Galaxy Grand Prime yang cukup sukses di pasar smartphone Indonesia. Jika Anda ingin tahu bagaimana perbandingan antara Samsung Galaxy J2 vs Galaxy Grand Prime karena ingin mencari tahu mana smartphone terbaik yang hendak dibeli, silahkan simak uraian berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy J2 vs Grand Prime

Samsung Galaxy J2 memiliki bentang layar 4,7 inci Super AMOLED dengan resolusi 540 x 960 piksel. Meskipun Samsung Galaxy Grand Prime dengan layar 5 inci dibekali resolusi yang sama namun memiliki kepadatan piksel yang lebih rendah karena layar lebih besar, yakni 220 ppi sedangkan Galaxy J2 lebih unggul dengan kepadatan 234ppi.

Hardware
Samsung Galaxy J2 dibesut chipset Exynos 3475 dengan prosesor quad-core Cortex-A7 yang mampu berlari pada frekuensi clock 1.3GHz, juga kehadiran RAM 1GB. Spesifikasi Galaxy J2 yang terbilang mumpuni ini mampu diadu dengan chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang ditanamkan pada perangkat Galaxy Grand Prime dengan quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 juga dilengkapi RAM 1GB. Sementara urusan kinerja grafis dari kedua ponsel ini bisa dikatakan biasa-biasa saja.

Samsung Galaxy J2 vs Samsung Galaxy Grand Prime

Soal urusan memori internal, kedua ponsel Samsung ini sama-sama dilengkapi kapasitas memori 8GB. Namun, Galaxy Grand Prime hanya bisa mendukung perluasan memori hingga 64GB sedangkan Samsung Galaxy J2 telah mendukung perluasan melalui slot microSD hingga 128GB.

Software
Galaxy J2 hadir dengan sistem operasi Android terbaru v5.1 Lollipop dengan dibekali fitur desain antarmuka TouchWiz. Sementara itu, Galaxy Grand Prime awalnya berjalan dengan KitKat, namun kemudian dapat diupgrade ke Android versi terbaru yaitu Android 5.1.1 Lollipop.

Samsung Galaxy J2 vs Samsung Galaxy Grand Prime, Harga dan Perbandingan

Fitur baru berupa Ultra Data Saving (UDS) yang disematkan pada Galaxy J2 bisa jadi merupakan salah satu keunggulan dibanding Grand Prime. Dimana fitur ini akan menjamin akses internet secara maksimal dengan meminimalisir kehilangan data. Selain menghemat data, teknologi ini juga dapat membantu mengurangi sekitar 11% beban pada RAM.

Konektivitas
Samsung Galaxy J2 sudah mendukung dukungan koneksi 4G LTE, namun juga tetap menggabungkan koneksi 3G dan 2G sebagai pilihan. Galaxy J2 memiliki slot SIM utama yang kompatibel jaringan 4G, sementara slot SIM kedua untuk koneksi biasa. Begitu pula pada Galaxy Grand Prime memiliki slot kartu SIM 4G pada slot utamanya. Kedua handphone Samsung ini memiliki 2 slot kartu microSIM.

Selain itu, fitur konektivitas pada Samsung Galaxy J2 dan Grand Prime sama-sama menawarkan dukungan koneksi Wifi 802.11 b/g/n dan navigasi GPS. Galaxy Grand Prime disematkan Bluetooth versi 4.0 sementara Galaxy J2 sudah dibekali Bluetooth versi 4.1. Keunggulan Samsung Galaxy Grand Prime di sini adalah sudah mendukung fitur NFC, sementara Galaxy J2 belum memiliki fitur canggih ini.

Baterai
Meskipun Samsung Galaxy J2 diluncurkan pada kuartal kedua tahun ini, namun smartphone ini ditenagai unit baterai yang relatif lebih kecil, baterai kurang kuat dibandingkan dengan Galaxy Grand Prime. Hal ini disebabkan karena perbedaan ukuran layar dari kedua handphone Samsung tersebut.

Samsung Grand Prime ditenagai baterai Li-Ion 2600 mAh, yang menawarkan hingga 17 jam waktu bicara di jaringan 3G, dan 75 jam waktu memainkan musik. Sedangkan Galaxy J2 hanya disematkan baterai Li-Ion 2000 mAh. Meskipun, Samsung telah mengklaim bahwa baterai Galaxy J2 mampu bertahan lebih dari 24 jam sehari, namun hal tersebut dirasa masih kurang untuk para pengguna berat. Hingga pilihan bisa jatuh pada Galaxy Grand Prime dengan baterai yang lebih besar dan lebih kuat.

Harga Galaxy J2 vs Grand Prime

Harga Samsung Galaxy J2 (SM-J200G) 8GB dibanderol Rp1.998.500, sedangkan harga Samsung Galaxy Grand Prime (SM-G530) 8GB dibanderol Rp2.249.000. Kedua tersedia di Lazada Indonesia untuk dibeli secara online dengan jaminan garansi resmi. Meski demikian, harga tersebut bisa saja berbeda tergantung wilayah dan juga kebijakan pengecer itu sendiri.

1 COMMENT

Leave a Reply