Pentingnya Smartphone dan Gadget Mumpuni Untuk Aktivitas Harian dan Bisnis

Pentingnya Smartphone dan Gadget Mumpuni Untuk Aktivitas Harian dan Bisnis

Dewasa ini, perkembangan teknologi khususnya smartphone memang terjadi dengan sangat pesat. Diakui atau tidak, berbagai teknologi baru dan kemampuan baru terus menerus bermunculan, dan perubahan terus terjadi dalam kurun waktu yang relatif singkat. Hal ini tampak sangat jelas di pasar smartphone dengan selalu bermunculannya smartphone baru setiap saat yang hadir dengan membawa teknologi baru dan terkini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa hal juga dipicu oleh perkembangan dan peningkatan di pasar lainnya, termasuk di sektor ekonomi. Seperti berkembangnya e-commerce, internet, serta tersedianya berbagai kemudahan dalam berbelanja seperti layanan online payment, mobile payment dan teknologi lainnya yang menjalin kerja sama dengan penyedia kartu kredit dan beberapa bank ternama baik internasional maupun lokal.

Misalnya di awal tahun 2016 ini, yang baru saja berlangsung selama kurang lebih 20 hari hingga saat ini. Dan dalam jarak dua puluh hari ini, sudah berapa banyak smartphone yang diluncurkan? Terutama di awal bulan Januari dengan adanya event Consumer Electronics Show (CES) 2016 yang menjadi momen utama para vendor smartphone dalam merilis handset baru mereka.

Xiaomi Redmi 3 misalnya adalah salah satu ponsel anyar yang diluncurkan di awal tahun ini. Ada pula Lenovo K4 Note yang baru saja hadir dengan spesifikasi mumpuni dan fitur canggihnya. Sementara raksasa teknologi Samsung menawarkan 3 seri ponsel premium dari Galaxy A-series berupa handset Samsung Galaxy A3 (2016), Galaxy A5 (2016) dan Galaxy A7 (2016). Ketiganya adalah versi upgrade dari ponsel lama di lini handset Galaxy A. Selain membawa dukungan spesifikasi hardware yang lebih baru, ketiganya juga dibekali tampilan premium sekelas flagship Galaxy S6 dengan body berbahan kaca di sisi depan dan belakangnya, yang diapit frame logam di seluruh sisi ponsel.

Namun perkembangan di pasar smartphone ini juga masih belum selesai. Beberapa ponsel kelas high-end yang masih menjadi misteri dan bahan perbincangan juga masih belum menampakkan dirinya. Seperti Xiaomi Mi 5 yang merupakan andalan Xiaomi baru akan segera meluncur. Dan ada pula Samsung Galaxy S7 yang tidak lain adalah flagship paling ditunggu, kabarnya harus siap meluncur pada akhir bulan Februari mendatang, dimana event gadget terbesar kedua, yakni Mobile World Congress (MWC) 2016 bakal digelar di Barcelona.

Selain berdampak langsung pada dunia teknologi, perkembangan smartphone dan teknologi ini juga berdampak pada lingkungan sosial konsumen. Berbagai gadget baru terus bermunculan, dengan kemampuan lebih mumpuni dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan pengguna. Konsumen pun harus dengan pandainya memilih ponsel atau smartphone yang mampu bertahan lebih lama menghadapi perkembangan trend, dan tentunya mampu lebih lama meladeni kebutuhan yang terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Jika demikian, maka ponsel murah bisa jadi bukan pilihan. Harga Rp 2 jutaan bisa jadi pilihan minimal, jika Anda ingin ponsel andalan yang mampu bertahan lebih lama menghadapi kemajuan zaman. Xiaomi misalnya, yang menawarkan handset terjangkau dengan spesifikasi mumpuni. Mereka tetap tidak bisa berbohong soal harga, dengan kemampuan setara Xiaomi Redmi Note 3 yang diprediksi akan bisa bertahan hingga 2 atau 3 tahun mendatang, dibanderol dengan harga yang cukup tinggi, diatas angka RP2,5 jutaan. Apalagi lini flagship dan ponsel kelas high-end lain yang dibanderol mencapai Rp5 jutaan ke atas.

Jelas ponsel ini ditujukan untuk kalangan menengah ke atas. Atau bisa dibilang kalangan pebisnis baik para starter-up atau pebisnis lama yang menggunakan atau baru ingin menggunakan teknologi untuk kebutuhan bisnisnya. Ponsel high-end seperti Apple iPhone 6s dan Samsung Galaxy Note 5 sendiri akan lebih cocok dipakai oleh kalangan entrepreneur, karyawan perusahaan besar dan kalangan bisnis lain yang membutuhkan jangkauan konektivitas luas dan kemampuan kinerja mumpuni di tangan mereka. Atau juga untuk melakukan sosialisasi baik dalam hal berbisnis seperti menarik perhatian lawan kerja atau membangun image di hadapan klien, atau bahkan untuk sekadar bergaul dan berbaur dengan lingkungan kalangan atas.

Harga mahal dan selangit mungkin tidak masalah bagi pebisnis ulung, senior atau kalangan atas. Namun bagaimana dengan kalangan menengah yang memiliki kebutuhan sama, seperti memulai bisnis dan menjalin hubungan dengan klien yang kebetulan berasal dari golongan masyarakat berduit? Jika demikian, mungkin pilihan terakhir untuk memiliki ponsel berkelas kakap atau bisnis seperti Samsung Galaxy S6 atau Apple iPhone 6s, Microsoft Lumia 950 dan BlackBerry Passport adalah dengan jalan kredit.

Namun kredit seperti apa yang cocok untuk pembelian smartphone premium ini? Karena sebagian besar pedagang yang memberikan pilihan cicilan selalu menambahkan bunga, yang tentunya serasa menambah harga jual barang hingga lebih dari setengahnya.

Jawabannya mungkin adalah kartu kredit yang dikombinasikan dengan e-commerce. Mengapa? Alasannya simpel, karena saat ini banyak layanan dan penyedia e-commerce yang melakukan kerja sama dengan penyedia kartu kredit dalam memberikan kemudahan berbelanja. Salah satu program yang paling populer adalah cicilan 0% yang sangat sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Hampir setiap e-commerce sudah menawarkan keunggulan cicilan 0% ini, dengan pengguna kartu kredit yang menjalin kerja sama dengan mereka. Dan salah satu layanan kartu kredit yang paling populer ditawarkan e-commerce adalah Kartu Kredit BCA. Sudah cukup banyak penyedia dan pengusaha e-commerce yang menjalin kerja sama dengan BCA. Misalnya seperti Bhinneka.com dan Blibli.com yang menawarkan cicilan 0% dan diskon spesial untuk pemegang kartu kredit BCA.

Selain lebih banyak dipakai oleh pelaku bisnis dan aksesnya yang merata hampir di seluruh Indonesia, layanan kartu kredit BCA ini juga menawarkan berbagai fitur dan kelebihan, terutama dalam hal berbelanja online. Salah satunya adalah layanan ClickPay untuk pemegang kartu kredit BCA, yang akan mempercepat proses pembayaran dalam berbelanja dan menambah keuntungan bagi konsumen karena kerap disertai dengan diskon tambahan. Jika tidak percaya, coba saja sendiri.

SHARE

Leave a Reply