Jika Youtube , Google dan FB bayar Pajak , MAKA ????

Jika Youtube

Jika Youtube , Google dan FB bayar Pajak , MAKA ????

SusterGadget.com – Jika Youtube , Google dan FB bayar Pajak , MAKA ???? . akhir akhir ini ramai pembicaraan di media online yang membahas bahwa beberapa raksasa dunia Internet tak pernah membayar Pajak di Negara Indonesia . mereka yang menhasilkan banyak uang dan penghasilan seperti Google , FB dan Youtube di Indo apa benar sih gak bayar pajak akan kegiatan usaha nya tersebut ? mari simak .

Dilansir dari Kontan.com , Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menyampaikan , pada realitanya banyak pendapatan yang mereka terima dari aksi nya di Indonesia. Namun, duit itu seluruhnya malah merapat ke perusahaan pusat nya yang berada di Singapura.

Google memang memusatkan perusahaan induknya di negara tentangga Indoensia , Singapura . sejumlah kuli online di goole adsense misal nya memang ada yang mendapatkan gaji mereka dari Google Asia Pacific meskipun juga ada yang langsung dari USA .

Meskipun juga beroperasi bisnis nya di Indonesia , justru mereka telah menjadi Bentuk Usaha Tetap (BUT), dengan masing-masing bernama BUT Facebook SIngapore Pte Ltd, BUT Google Asia Pacific termasuk Youtube sendiri merupakan anak dari Google .

Menurut kabar, selama ini Google memang sudah membayar pajak . namun hanya untuk Pajak Penghasilan (PPh) pasal 21 saja, yakni pajak untuk karyawannya. sedangkan pajak atas penghasilannya belum .jika sistem BUT dijalankan , maka pendapatan negara akan bertambah dari pajak para raksasa Internet tersebut ,.

SHARE

1 COMMENT

  1. Kalau perusahaan udah bayar pph 21 untuk karyawan, berarti youtuber yang dapet penghasilan ga usah bayar pajak lagi kan karna sudah langsung dipotong oleh perusahaan sana ?

Leave a Reply