Versi Public Build dari Android L Akan Bawa Fitur Multi-User

Versi Public Build dari Android L Akan Bawa Fitur Multi-User
Fitur Baru di Android L (foto: ingotech)

Bagi sebagian orang yang sering kali meminjamkan ponsel pintar Android mereka kepada anak atau teman, mungkin akan merasa risih dan khawatir. Takut akan adanya dampak kerusakan atau eror lainnya yang diakibatkan si peminjam atau sang buah hati. Namun dengan hadirnya versi terbaru dari Android, yang kini dikenal dengan nama Android L, para pengguna smartphone Android sudah tidak perlu khawatir lagi dengan hal tersebut.

Pasalnya, kini Android L dikabarkan akan menerapkan sistem multi-user account pada perangkat Smartphone Android. Salah satu developer Google mengatakan bahwa ” public build dari versi Android berikutnya akan ditanamu kapabiltas multi-user.” Menurut laman Android Police (08/08/2014), OS “public build” yang dimaksud tersebut, tidak lain adalah versi terbaru Android, yakni Android L.

Dengan adanya sistem ini, layaknya pada desktop, para pengguna dapat membuat akun khusus untuk anak-anak dan membatasi penggunaan atau akses terhadap aplikasi yang terbilang berbahaya atau rawan. Pengguna juga dapat memisahkan antara akun untuk urusan pekerjaan dan urusan pribadi. Atau membuat akun khusus untuk dipergunakan jikalau ada teman yang ingin meminjam smartphone sang pemilik.

Sistem multi-user account ini sendiri sebenarnya telah lama diterapkan di tablet Android, sejak dari versi Android 4.2 JellyBean. Adapun alasan mengapa sistem ini tidak diterapkan pada smartphone saat itu, tidak lain karena pada waktu itu, Google masih kebingungan, mencari cara bagaimana agar dapat memisahkan panggilan telepon dan SMS pada akun-akun yang berbeda. Terlebih lagi, smartphone itu bersifat lebih personal dibandingkan dengan tablet.

Namun seiring berkembangnya teknologi dan semakin besarnya layar smartphone, hal tersebut kini tidak lagi menjadi masalah. Dan Google tampaknya telah berhasil menemukan jalan keluar dari masalah tersebut.

SHARE

Leave a Reply