3 Masalah ini Bikin iOS 9 Buruk di Mata Fans Apple

3 Masalah ini Bikin iOS 9 Buruk di Mata Fans Apple
Apple iOS 9 (Foto: Newsth)

Kita semua tahu, bahwa Apple baru saja meluncurkan versi terbaru dari OS mobile buatan mereka, iOS 9. Dengan versi terbaru iOS 9.0.2 yang hadir dengan menawarkan perbaikan bug dan tambahan fitur menarik nan mempuni.

Namun tahukah Anda, bahwa faktanya iOS 9 ini tidaklah hadir semulus apa yang direncanakan, baik oleh Apple sendiri maupun konsumen. Bukannya membawa kegembiraan bagi para fans Apple, update iOS 9 ini justru malah menambah rasa kecewa penggemar produk berlogo buah aple bekas digigit tersebut.

Bagaimana tidak, alih-alih menawarkan kemampuan baru (meskipun iOS 9 memang menawarkan kemampuan baru), software versi baru ini justru hadir dengan segudang bug. Bahkan ada ribuan pengguna yang menyalurkan keluhan mereka, baik di sosial media maupun forum resmi para pengguna handset Apple, terutama perangkat bertenaga iOS.

Dari sekian banyak keluhan yang muncul, kita bisa menggolongkan dan memilih 3 keluhan yang paling banyak muncul dan paling bermasalah bisa dikatakan. Karena nyaris semua pengguna iOS 9 mengalaminya.

Masalah pertama adalah masalah pada fitur notifikasi, dimana sejumlah perangkat iOS baik iPhone, iPad dan iPod tidak bisa memberikan notifikasi dalam bentuk suara. Hal ini berlaku pada aplikasi BBM, Facebook Messanger, Mail, Gmail dan lain sebagainya. Sementara notifikasi muncul di layar, ponsel sama sekali tidak memberi tahu pengguna, baik dari suara maupun getar.

Masalah kedua terletak pada layanan email. Dan di situs Apple Support Communities sendiri, keluhan mengenai hal ini mencapai 27 ribu keluhan. Masalah ini sendiri mengakibatkan pengguna tidak dapat membuka email. Setiap pesan masuk ataupun pesan yang berada pada kotak masuk email, kotak keluar bahkan folder sampah, semuanya tidak bisa dibuka. Dan ketika pengguna mencoba membukanya, yang muncul hanya notifikasi error yang mengatakan bahwa pesan belum diunduh dari server.

Pihak Apple mengaku telah mengatasi hal ini. Dan jika pengguna masih mengalami masalah tersebut, mereka meminta pengguna untuk menghapus akun email, kemudian meresetnya.

Langkah ini sendiri tidak selalu berhasil, meski dalam sejumlah kasus cara ini terbukti efektif. Sebagai informasi, sebelum ini Apple sempat menuding bahwa masalah ini berasal dari penyedia layanan email. namun setelah ditelusuri lebih lanjut, terbukti bahwa ternyata iOS 9 itu sendirilah yang bermasalah.

Yang terakhir dan yang paling sulit tidak lain adalah fitur iMessage, aplikasi pesan instan dari Apple sendiri. Masalah ini sendiri adalah masalah yang paling sulit dan merepotkan, karena hingga update iOS 9.0.2, masalah ini masih belum teratasi.

Pada masalah kali ini, pengguna tidak dapat mengirim pesan melalui iMessage. Ketika pesan dikirim, malah muncul pemberitahuan error atau laporan time-out. Ada kalanya pesan berhasil dikirim, namun sampai ke penerima hanya sebagai SMS biasa saja.

Apple bersama dengan pihak operator telah berusaha keras menyelesaikan masalah ini. Namun demikuan, hingga saat ini solusi terbaik masih belum ditemukan. Namun pihak Apple memiliki dugaan, bahwa penyebabnya adalah pengiriman pesan dari iOS 9 ke versi iOS yang lebih tua.

SHARE

Leave a Reply