Ini Bukti Chip Apple A9 dari TSMC Lebih Baik Dibanding Buatan Samsung

Ini Bukti Chip Apple A9 dari TSMC Lebih Baik Dibanding Buatan Samsung
Apple A9 (Foto: Coltufmac)

Sejak beberapa waktu lalu, sempat beredar bayak rumor yang mengatakan bahwa chip Apple A9 buatan Samsung dan TSMC yang disematkan pada ponsel Apple iPhone 6s dan iPhone 6s Plus memiliki perbedaan yang cukup signifikasn. Perbedaan ini sendiri terletak pada daya tahan baterai dimana salah satu chip memiliki ketahanan lebih.

Hal ini juga telah diiya-kan oleh pihak Apple sendiri. Menurut perusahaan asal Cupertino tersebut, versi chip Apple A9 buatan TSMC memiliki ketahanan baterai sekitar 2-3% dibandingkan chip A9 dari Samsung.

Namun belakangan, sebuah uji coba yang dilakukan untuk melihat perbedaan dari kedua chip ini menunjukkan hasil yang cukup mencengangkan. Salah satu uji yang dilakukan mengatakan bahwa chip Apple A9 buatan TSMC dapat memberi ketahanan baterai mencapai 2 jam lebih lama dibandingkan chip A9 dari Apple.

Hal tersebut diungkap oleh hasil uji di GeekBench, dimana ketahanan baterai A9 dari TSMC tersebut diklaim 28% lebih baik. Padahal hasil tes lainnya sama sekali tidak se-ekstrim ini. Seperti hasil uji dari Ars Technical yang mengatakan chip TSMC hanya unggul 2,2% saja dalam hal ketahanan baterai. Uji GFXBench juga tidak jauh berbeda dimana kelebihan daya tahan chip A9 versi TSMC ini hanya unggul 4,3 % saja.

Ini Bukti Chip Apple A9 dari TSMC Lebih Baik Dibanding Buatan Samsung

Sementara ini, data dari GeekBench diduga sangat berbeda karena tes yang dilakukan tidak sama, dimana ponsel Apple iPhone 6s yang diuji dengan chip A9 Samsung dipacu dengan kinerja berlebih yang menghabiskan baterai lebih cepat.

Leave a Reply